Saturday, February 11, 2012

Mengembalikan Hardisk Yang Terformat

Ini adalah pengalaman saya ( daripada saya bawa ke Tukang Reparasi hardisk ).

Waktu itu saya ingin merubah partisi windows7 bajakan saya dengan menggunakan Ubuntu Live CD. Ketika menjalankan GParted , saya melakukan kesalahan dengan memformat seluruh hardisk saya.

Bingung rasanya , mengingat banyak file - file yang berharga buat saya, seperti Foto dan file Video. Akhirnya saya bertanya pada teman, disarankan menggunakan Recover tool. Akan tetapi PC saya sudah tidak booting, sehingga jalan satu - satunya harus instal ulang.



Berbekal koneksi internet dari tempat kerjaan saya mencari informasi , dan akhirnya saya memutuskan untuk menggunakan software testdisk. Saya menggunakan software ini dengan Ubuntu Rescue Remix Live CD yang sudah dilengkapi Aplikasi testdisk ini. Karena kemampuan Bahasa Inggris saya yang kurang, saya mencoba tutorial dalam bentuk video Youtube. Ini kurang lebih gambarannya saat menjalankan aplikasi testdisk. ( gambar screenshoot diambil dari video Youtube yang saya unduh , mengingat saya tidak bisa mengambil gambar pada PC saya ).

Proses di sini hanya menggunakan keyboard " tanda panah dan enter "
" Q = Quit  " ; " Y = Yes " ; " N = No "

Siapkan media Booting ( saya menggunakan Live USB Ubuntu Rescue Remix ).

Booting PC dari USB tersebut ( silakan setting BIOS ).

Ketika sudah masuk pada OS Ubuntu Rescue Remix tersebut, ketikkan perintah " sudo testdisk " ( tanpa tanda petik ).

Pilih Create.

Akan tampil hardisk yang sudah terformat tadi. 
Pilih hardisk yang akan dikembalikan ( dalam kasus ini hardisk terbaca Disk / dev/ sdb.( pilih Proceed ).



Pilih Intel.


Pilih Analize


Pilih Quick Search


Ketikkan Y untuk Yes.


Tekan Enter.


( apabila file atau partisi yang Anda Recover tidak terbaca bisa dicoba dengan Deeper Search )

Tekan Y untuk Yes.


Restart PC anda. 


Saya menggunakan aplikasi testdisk ini ketika hardisk baru terformat sekali. Saya tidak mengetahui apabila hardisk sudah terformat berulang kali ( tapi tidak ada salahnya mencoba, itung - itung tambah pengetahuan ).

Selamat mencoba, semoga berhasil.

0 comments

Post a Comment