Monday, February 25, 2013

Setting Brightness Ubuntu 12.04

Sebenernya masih sayang untuk upgrade OS Ubuntu saya. Ubuntu 9.10 yang sudah cukup memenuhi kebutuhan sehari - hari. Sebelumnya pernah upgrade ke Ubuntu 10.04 , cuma bermasalah di layarnya ( sering berkedip ) . Akhirnya diputuskan downgrade lagi.
Berhubung OSnya sudah ga di support sama canonical, akhirnya dengan terpaksa fresh instal dengan Ubuntu 12.04 yang di support 5 tahun.

Hanya saja masih bermasalah di layar juga. Setinggan kecerahan layar tidak bisa diatur. Kombinasi tombol Fn dan F5/F6 ga ngefek sama sekali. Muter - muter akhirnya lumayan solving. Berikut kurang lebih gambarannya.
Saya memakai letop Asus K40IJ VX146.
Edit file grub cfg.
Buka terminal , Ketik sudo gedit/etc/default/grub
Tambahkan baris parameter , seperti tulisan warna biru.

GRUB_CMDLINE_LINUX_DEFAULT="quiet splash acpi_backlight=vendor"
GRUB_CMDLINE_LINUX="acpi_osi=Linux"


Setelah diedit , lakukan update grub ( sudo update-grub ) , kemudian restart.

Sesudah proses di atas , layar sudah bisa disetting dengan tombol Fn dan F5/F6. Akan tetapi setelah restart , setingan layar kembali cerah ( tapi masih bisa diseting ). Capek juga tiap kali ngidupin Letop harus nyeting kecerahan layar. 
Setelah hampir 4 bulan , akhirnya kembali mencari di internet . Ketemu juga di forum luar. Saya ikuti tutorialnya , alkhamdulilah setingan layar bisa redup dan tiap habis restart tidak perlu nyeting lagi.
Cukup buka terminal , ketik sudo sed "s/\(GRUB_CMDLINE_LINUX=\)\"\"/\1\"acpi_osi=Linux acpi_backlight=vendor\"/" /etc/default/grub -i.

Restart letop , dan jreng....... Berhasil.

Demikian sekelumit dari saya.

Salam





0 comments

Post a Comment