Monday, May 14, 2012

Merawat Ban Mobil


Jika Anda selalu rajin memeriksa keadaan tekanan ban mobil Anda dan menjaga agar selalu dalam tekanan yang seharusnya. Anda dapat menempuh jarak hingga mencapai 3,3% lebih jauh dan menghemat ongkos BBM.




Di bawah ini adalah tips perawatan ban mobil :

Tekanan Angin Ban

kaskus.us
1. Biasakan untuk selalu memeriksa tekanan ban mobil anda, paling sedikit sekali sebulan dan terutama sebelum melakukan perjalanan jarak jauh. Ban dengan tekanan yang kurang memadai akan menyebabkan ban mudah panas karena gesekan yang besar dengan aspal, sehingga ban cepat aus dan bisa membahayakan keselamatan mengemudi.

2. Anda harus hapal dengan tekanan yang proporsional dari ban mobil Anda. Ukuran tekanan ban yang pas bisa dilihat pada stiker yang menempel di bagian dalam dari pintu kendaraan Anda, atau pada buku petunjuk pemilik kendaraan.

3. Untuk pengukuran yang valid terhadap tekanan ban mobil Anda, periksalah ban saat suhu mereka dingin. Jika mobil Anda habis menempuh perjalanan jauh, tunggulah kurang lebih tiga jam.

Spooring dan Balancing

1. Periksalah keseimbangan atau balance dari ban mobil Anda secara periodik ( 10.000 KM ), untuk menghindari putaran ban yang tak stabil.


indahban.blogspot
2. Lakukan spooring secara periodik , setiap 10.000 KM.

indahban.blogspot

3. Lakukan rotasi ban dengan atau tanpa ban serep ( menyilang atau sejajar ).


http://fast-indonesia.com

Perhatikan Ban

1. Periksa ketinggian TWI ( Thread Whell Indicator ) sekitar 2 mm.
TWI ditandai denagn gambar segitiga di pinggir ban.


http://mobil.otomotifnet.com

2. Cek waktu produksi ban ( dilambangkan dengan minggu dan tahun )
Usahakan pemakaian ban maksimal 5 tahun , untuk menjaga kelenturan karet ban.
 
mobilbagus.info

Pada gambar di atas tertulis 2410. Artinya ban diproduksi pada minggu ke 24 tahun 2010.

Lain - lain

1. Jagalah ban mobil Anda dari lobang di jalan. Sebab lobang yang terlalu besar tak hanya bisa merusak ban mobil Anda, melainkan juga akan mengganggu keseimbangan atau balance dari ban mobil.


http://hayreyh.blogspot.com




2. Perhitungkan bobot yang harus dimuat oleh mobil Anda. Jika muatan melebihi kapasitas maksimal dapat menimbulkan tekanan yang berlebih pada ban mobil Anda dan itu bisa sangat membahayakan.





http://bachnas.staff.uii.ac.id
Sekian dan semoga bermanfaat.

1 comments: