Tuesday, May 22, 2012

Mintalah Bantuan Tuhan dengan Cara Berbagi


http://www.hidupberkah.com
Ustadz Yusuf Mansur mengaku tak heran melihat kesuksesan bisnis bos Jamu Sido Muncul, Irwan Hidayat, karena rajin berbagi. ''Sharing atau berbagi, yang dalam terminologi Islam disebut sedekah, merupakan kunci sukses dalam berbisnis. Karena itu, berbagilah, dan Anda pun akan sukses,'' Pimpinan Pondok Pesantren Wisata Hati yang kerap mengusung tema sedekah dan shalat Tahajjud itu.


Ustadz Yusuf Mansur lalu menuturkan kisah seorang pengusaha kecil, bernama Ilham. Pengusaha percetakan kecil itu sedang bingung, karena bisnisnya sepi order, sementara beberapa hari lagi ia harus membayar gaji tiga orang karyawannya, serta membayar tagihan listrik, telepon dan lain-lain.



Di saat bingung, ia mendatangi Allah. Ia shalat Dhuha, memohon rezeki kepada Yang Maha Memberikan Rezeki. Ia memohon agar Allah memberikan rezeki buat dia dan buat usahanya. ''Yang ia pahami, shalat Dhuha akan membuat seseorang terbuka pintu rezekinya,'' tutur Ustadz Yusuf Mansur.


Usai shalat, ia melirik dompet di saku celana belakangnya. Tertinggal hanya Rp 750 ribu. Jelas tidak mencukupi. Tapi masih ada beberapa hari ke depan. ''Hari ini baru Senin pagi. Masih ada tiga sampai empat hari. Insya Allah akan datang rezeki. Masa' iya, sudah datang kepada Allah, Allah tidak membantu? Allah pasti membantu,'' kata Yusuf Mansur menirukan jalan pikiran Ilham.



Ketika ia bersiap-siap menuju kios cetaknya, ada tamu datang. Seorang ustadz yang mengadu bahwa majelisnya bocor, sedang musim hujan sudah datang. Kalau tidak diperbaiki, dampaknya anak-anak akan kesulitan belajar. Ustadz tersebut mengajukan pinjaman Rp 500 ribu. 



Ilham melongo. Ia tidak menyangka, bahwa ketika ia meminta dibutukan pintu rezeki, malah ada yang datang minta bantuan. ''Tapi Ilham hebat. Ia malah memberikan Rp 500 ribu dari Rp 750 ribu uangnya kepada ustadz tersebut,'' tutur Yusuf Mansur.



Sore harinya, Ilham kedatangan tamu. Ia menitipkan rumahnya karena ia harus pulang kampung ke Tegal. Dan tanpa disadari, urusan kunci yang sederhana inilah justru sedekahnya berbuah.



Beberapa hari kemudian, Ilham ditelepon oleh seorang notaris yang meminta nomor rekeningnya. Ilham diberitahu, bahwa rumah tersebut laku terjual, dan si empunya rumah memberikan sedikit uang kepada Ilham yang sudah bersedia dititipi kunci. Ternyata jumlahnya Rp 5 juta!



Hikmah apa yang bisa kita ambil dari kisah Ilham di atas? ''Itulah cara kita semestinya menjemput rezeki. Yaitu dengan berbagi. Rumusnya sederhana: Allah akan membantu siapa pun yang mau membantu sesama. Nah, bila ingin sukses, mintalah bantuan Allah. Dan kalau ingin minta bantuan Allah, berbagilah,'' tandas Ustadz Yusuf Mansur.




Sumber : Republika.co.id Minggu, 26 Nopember 2006

0 comments

Post a Comment