Saturday, March 10, 2012

Kerjakan Sendiri !

Punya mobil mungkin menjadi dambaan tiap orang, minimal buat orang ndeso seperti saya ini.
Nah , ternyata ada hal - hal yang bisa dikerjakan sendiri oleh si empunya mobil. Sebagai contoh mengecek air aki, air wiper dan tetntu cek oli mesin. Semua bisa dilakukan hanya dengan sedikit tenaga dan dengan kain lap. Lakukan ini ketika kondisi mobil masih dingin ( belum dipakai ). Biar lebih jelas bisa dilihat gambar berikut ini :


Ruang mesin














Keterangan gambar dan sedikit ulasannya :

1 = Air washer ( wiper )
Tambahkan air biasa secukupnya, tidak usah diberi cairan pembersih. Beberapa tipe cairan akan  membuat lubang washer ( semprotan air ) mampet.

2 = Minyak rem ( dan atau kopling )
reservoir miyak rem
Tambahkan hanya jika levelnya benar - benar minimum atau selalu berkurang secara drastis. Berkurangnya minyak rem atau kopling sedikit demi sedikit adalah wajar seiring dengan penggunaan rem ( kampas rem yang menipis akibat pemakaian ). Apabila minyak rem berkurang secara drastis bisa disebabkan adanya kebocoran pada sistem rem, bisa dari sil atau dari selang rem. Tambahkan dengan type dan merk yang sama.



3 = Level oli mesin
Pemeriksaan yang akurat dilakukan ketika kondisi mesin dingin. Tambahkan bila level Oli mendekati level minimum. Tambahkan dengan oli yang sama merk dan grade nya.
stik oli mesin

 L = Level Low ( minimum )
 H = Level High ( maximum )



4 = Reservoir radiator
reservoir radiator
Tambahkan dengan air biasa atau air aki ( botol yang tutupnya biru ) sampai level maximum. Jika saat pengecekan levelnya sangat minimum, kemungkinan ada kebocoran di sistem pendinginan mobil tersebut.






5 = Tutup radiator
Radiator

Pengecekan sama dengan point 4. Jangan dilakukan saat mesin dalam kondisi panas. Uap air akan menyembur , dan ini sangat berbahaya.






6 = Air aki
Batteray
Tambahkan sampai level maximum dengan air aki botol biru. Periksa juga kekencangan kepala aki dan braketnya. Lepaskan negative aki ketika mengecek kepala aki yang positip, menjaga terjadinya hubungan arus pendek. 









Jika mobil bertransmisi otomatis, yang dilakukan ketika masih dingin hanya pengecekan apakah ada atau tidaknya oli transmisi tersebut. Untuk pengecekan level oli yang akurat dilakukan ketika mobil sudah dipakai berjalan + 10 menit.

Jangan lupa pengecekan tekanan angin ban. Tekanan angin ban berkisar antara 30 psi sampai 40 psi ( tergantung tipe dan merk tertentu ). Untuk ban serep tekanan angin ban nya lebih besar + 10 psi.

Pengecekan ini berguna sekali untuk menghindari kerusakan mesin atau kendaraan sejak dini.

Sekian dan terimakasih.
Semoga bermanfaat.

0 comments

Post a Comment